PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @soekarnohattaairport DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CAESARIA CHANTIKAN NICKY

Informasi Dasar

210 kali
24.04.1996
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bandara Soekarno-Hatta merupakan lembaga publik yang berperan penting dalam sektor transportasi dan perekonomian nasional. Bandara utama yang melayani penerbangan untuk wilayah Jakarta Raya dan sekitarnya terletak di Tangerang, Banten, dan telah beroperasi sejak tahun 1985. Melalui konsep konten pada media sosial Instagram akun @soekarnohattaairpot terjadi adanya perkembangan pesat terlihat dari kemampuannya dalam menjangkau 948.007 akun jika dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya dengan engagement sebanyak 43.038 akun dan total engagement rate sebesar 3.02%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan konten media sosial Instagram Bandara Soekarno-Hatta dalam membangun customer engagement. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan The Circular Model of SoMe (Regina Luttrel, 2015) dan teori Social Media and Customer Engagement (Evans & McKee, 2010). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif serta pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara dengan Assistant Manager of Public Relations dan Public Relations Officer dari unit Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta, informan ahli di bidang Company Branding and Social Media, serta pengikut dari akun Instagram @soekarnohattaairport. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan konten pada media sosial akun Instagram @soekarnohattaairport terdiri dari empat tahapan diantaranya share, optimize, manage, dan engage. Sedangkan, dalam meningkatkan customer engagement dilakukan dengan melalui empat tahapan diantaranya consumtion, curation, creation, dan collaboration. Namun terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh pengelola akun tersebut terkait penggunaan social listening tools dalam kegiatan media monitoring, penggunaan fitur live streaming untuk semakin meningkatkan interaksi, dan meningkatkan konsistensi dalam membalas komentar dari audiens.
Kata Kunci: customer engagement, media sosial, Instagram, pengelolaan konten

Subjek

MEDIA SOSIAL
 

Katalog

PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @soekarnohattaairport DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 63p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAESARIA CHANTIKAN NICKY
Perorangan
Martha Tri Lestari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini