Analisis Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram @pertamina.135 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SALMANDA ERDINDA PUTRI

Informasi Dasar

19 kali
24.04.2005
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertamina Call center menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana untuk memberikan informasi terkait layanan call center yang dimiliki oleh Pertamina kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pengelolaan konten yang dilakukan oleh tim Creative Content Pertamina Call Center pada akun media sosial Instagram @pertamina.135. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Circular Model of SoMe for Social Communication dari Regina Lutrell (2015), yang mencakup empat komponen yaitu Share, Optimize, Manage, dan Engage guna menganalisis pengelolaan konten pada akun Instagram @pertamina.135. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, serta studi dokumen. Dalam proses pengambilan data, peneliti melakukan wawancara dengan ketua tim Creative Content Pertamina Call Center (informan kunci), Senior Social Media Specialist (informan ahli), dan pelanggan Pertamina sekaligus pengikut akun Instagram @pertamina.135 (informan pendukung). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pertamina Call Center melakukan pengelolaan konten memalui empat (4) tahap, yaitu perencanaan, optimalisasi, pengelolaan, serta pelibatan. Target audiens dari akun Instagram @pertamina.135 adalah laki-laki umur 24-34 tahun yang diukur berdasarkan data dari professional dashboard Instagram @Instagram.135. Konten dipublikasi oleh Tim Creative Content secara berkala setiap harinya dengan mengacu kepada time plan dan editorial plan. Keunikan dari jenis konten nya adalah menggunakan strategi soft-selling dengan menyisipkan product knowledge agar dapat memengaruhi sekaligus mengedukasi audiens terkait dengan layanan Pertamina Call Center.

 
Kata Kunci: Instagram, Media sosial, Pengelolaan konten, Pertamina Call Center
 

Subjek

MEDIA SOSIAL
 

Katalog

Analisis Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram @pertamina.135 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 89p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALMANDA ERDINDA PUTRI
Perorangan
Anisa Diniati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KHI3O3 - ANALISIS DATA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini