ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEKTOR PERBANKAN INDONESIA DAN PERBANKAN CHINA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANINDYA LUTHFI SYIFADEVI

Informasi Dasar

28 kali
24.04.2006
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor perbankan seringkali menjadi tulang punggung terhadap roda perekonomian pada pasar keuangan suatu negara. Pada tahun 2008 lalu, kebangkrutan Lehman’s Brother menjadi awal mula krisis ekonomi global yang mana juga menggucang industri perbankan di dunia. Sektor perbankan memiliki strateginya sendiri untuk dapat bangkit kembali. Perekonomian dunia mulai membaik dari tahun ke tahun hingga pada akhirnya terjadi pandemi COVID-19 yang kembali melemahkan berbagai roda perekonomian di dunia.
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk melakukan perbandingan kinerja keuangan perusahaan perbankan tergolong KBMI 4 di Indonesia dengan perbankan terbaik di dunia yang terdapat di China. Kinerja keuangan diukur dengan beberapa rasio diantaranya rasio profitabilitas, likuiditas, kecukupan modal, serta solvabilitas dan risiko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif komparatif dengan mengambil data sekunder berupa laporan kinerja keuangan perusahaan periode 2008 hingga 2022.
Penelitian ini menggunakan statistik nonparemetik dengan uji Wilcoxon Signed Rank. Temuan dari penelitian adanya perbedaan kinerja keuangan perbankan KBMI 4 dan China. Perbankan Indonesia memiliki rasio profitabilitas, likuiditas, dan kecukupan modal yang lebih tinggi daripada perbankan China.
Adanya perbedaan kinerja memberikan peluang bagi perbankan Indonesia untuk dapat berkembang dan bersaing bersama bank-bank di dunia. Implikasi dari temuan ini dapat membantu dapat para investor guna pengambilan keputusan investasinya, dapat berguna untuk negara dalam pengambilan kebijakan dan mengawasi industri perbankan, serta untuk perbankan dalam mengambil keputusan strategis yang dapat meningkatkan pemenuhan aset dan kinerja keuangannya.
 

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEKTOR PERBANKAN INDONESIA DAN PERBANKAN CHINA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x.;112p.'pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANINDYA LUTHFI SYIFADEVI
Perorangan
Nora Amelda Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini