Analisis Reaksi Pasar Modal terhadap Pengumuman Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia Pemilihan Umum tahun 2024 Studi Kasus Perusahaan yang Termasuk dalam Indeks LQ45 di BEI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AYESHA PUJA ADILA

Informasi Dasar

21 kali
24.04.2011
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tahun 2023 merupakan tahun politik Indonesia, terjadi serangkaian proses pemilihan umum. Diawali dengan Pengumuman pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Dengan diumumkannya kandidat mana yang telah memenuhi persyaratan dan berpeluang untuk terpilih sebagai presiden dan wakil presiden maka masyarakat dapat menganalisis karakteristik dan kebijakan seperti apa yang akan diterapkan oleh masing-masing calon. 
Informasi yang termuat pada pengumuman tersebut berkemungkinan memberikan dampak bagi keadaan pasar modal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ditujukan demi mengetahui respons yang ditunjukan pasar modal oleh terjadinya peristiwa pengumuman pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia pemilihan umum 2024 pada studi kasus perusahaan index LQ45. 
Menerapkan metode event study untuk menganalisis respons yang diberikan pasar modal melalui perbandingan indikator abnormal return dan trading volume activity sebelum dan setelah pengumuman. Periode pengamatan dilaksanakan pada 5 hari sebelum, 5 hari setelah, dan 1 hari ketika fenomena terjadi. Dipilih 40 sampel dari total 45 anggota populasi dengan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian berjenis sekunder. 
Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu terjadinya pengumuman pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menyebabkan perbedaan pada volume perdagangan saham. Namun, tidak menyebabkan perbedaan abnormal return pada perbandingan kedua periode sebelum dan setelah berlangsungnya pengumuman pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia pada perusahaan index LQ45.
Baik nilai rata-rata abnormal return maupun rata-rata trading volume activity mengalami penurunan setelah diumumkannya pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia. Hal tersebut menunjukan bahwa investor mengaggap informasi yang terkandung pada pengumuman cenderung negatif. Keputusan tersebut dilakukan investor untuk menghindari kerugian yang kemungkinan terjadi.

Subjek

CAPITAL MARKETS
 

Katalog

Analisis Reaksi Pasar Modal terhadap Pengumuman Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia Pemilihan Umum tahun 2024 Studi Kasus Perusahaan yang Termasuk dalam Indeks LQ45 di BEI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x.;75p.'pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYESHA PUJA ADILA
Perorangan
Irni Yunita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SI223014 - FINANCIAL MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini