Strategi Komunikasi Interpersonal Petugas Pelayanan KPP Pratama Purwokerto dalam Membangun Kepuasan Wajib Pajak - Dalam bentuk buku karya ilmiah

REFANDA HANI ALFARISI

Informasi Dasar

228 kali
24.04.2045
302
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini menyoroti pentingnya komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purwokerto. Masalah utama yang diidentifikasi adalah adanya tantangan komunikasi antara petugas dan wajib pajak yang dapat menyebabkan ketidakpuasan dan berpotensi merugikan negara. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan software NVivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek komunikasi interpersonal menurut Joseph A. Devito seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan perasaan positif memainkan peran penting dalam membangun hubungan yang efektif antara petugas dan wajib pajak. Aspek keterbukaan dan perasaan positif paling dominan dalam membangun kepuasan wajib pajak, diikuti oleh empati dan sikap mendukung. Penelitian ini menyarankan peningkatan pelatihan komunikasi bagi petugas serta pengumpulan feedback dari wajib pajak untuk meningkatkan kualitas layanan di KPP Pratama Purwokerto. Kata kunci: komunikasi interpersonal, kepuasan wajib pajak, pelayanan.

Subjek

INTERPERSONAL COMMUNICATION
 

Katalog

Strategi Komunikasi Interpersonal Petugas Pelayanan KPP Pratama Purwokerto dalam Membangun Kepuasan Wajib Pajak - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 106p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REFANDA HANI ALFARISI
Perorangan
Agus Aprianti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini