ABSTRAK
Media sosial memegang peranan penting sebagai sumber utama informasi yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan berbagai informasi dan menghadirkan hal-hal baru dalam lingkungan sekitarnya yang mengakibatkan terciptanya komunikasi yang lebih bebas dan transparan. Hal ini dapat membuat perluasan pandangan masyarakat yang melebihi batas negara. Salah satu budaya yang sedang populer di kalangan generasi muda adalah Korean Fashion style yang terinspirasi oleh Korean Wave. Dengan meningkatnya kebutuhan informasi akan Fashion Korea maka tidak sedikit orang yang mencari informasi tersebut pada media sosial. Salah satu media sosial yang dapat mengikuti zaman mengenai gaya Fashion Korean Wave yaitu Lemon8. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh media sosial Lemon8 terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mengenai Korean Fashion Style. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pengambilan sampel dilakukan melalui probability sampling jenis simple random sampling, dengan Teknik Purposive sampling yang melibatkan 400 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Uji hipotesis menunjukkan media sosial Lemon8 secara signifikan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi mengenai Korean Fashion style dengan thitung > ttabel (34.924 > 1.960). Hasil penelitian menyatakan media sosial Lemon8 mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi mengenai Korean Fashion Style sebesar 75,4%, sementa sebesar 24,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak disertakan dalam penelitian.
Kata Kunci: korean Fashion style, lemon8, media sosial, pemenuhan kebutuhan informasi