MODIFIKASI MOTOR BLDC WHEELHUB BERDASARKAN ANALISA EFEK KETEBALAN MAGNET TERHADAP TORSI DAN RPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ALDO JUAN WIDODO

Informasi Dasar

153 kali
24.04.2142
629.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan motor listrik sangat popular di Indonesia, selain itu motor listrik termasuk kendaraan ramah lingkungan. Pada umumnya motor listrik di Indonesia menggunakan salah satu jenis motor in wheelhub brushless DC (Motor BLDC tipe Wheelhub). Motor BLDC in wheelhub memiliki kebelebihan antara lain pemasangan mudah, memiliki masa yang ringan, torsi optimal, kedapatan daya yang tinggi, dan mudah di dapatkan di pasaran. Motor BLDC in wheelhub tersebut memiliki performa motor brushless DC yang sangat dipengaruhi dari aspek ketebalan magnet motor sehingga berdampak pada torsi dan effisiensi yang dihasilkan pada motor tersebut [1]. Sehingga untuk mendapatkan hasil output torsi dan rpm yang optimal dari aplikasi motor wheelhub brushless DC dilakukan dengan mengidentifikasi ketebalan magnet motor yang sesuai. Desain motor wheelhub eksisting disimulasikan menggunakan software Ansys Motor CAD. Dalam simulasi, ketebalan magnet pada motor akan di variasikan 2.2 mm, 2,6mm, dan 3 mm sehingga didapatkan nilai torsi dan rpm yang bervariasi. Ketebalan magnet pada wheelhub motor menghasilkan nilai torsi dan rpm yang paling tinggi kemudian direalisasikan untuk memodifikasi motor wheelhub eksisting (Volta). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan ketebalan magnet yang terjadi pada wheelhub motor. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman kita tentang dinamika industri hub roda motor di Indonesia dengan memberikan wawasan tentang perubahan sifat magnet dan kemajuan teknologi. Temuan tersirat ini dapat digunakan sebagai titik awal untuk proses desain yang lebih menyeluruh untuk hub roda motor yang lebih efisien dan tahan lama dalam jangka panjang [2].
Pengujian dilakukan untuk memvalidasi hasil simulasi motor wheelhub eksisting dan motor wheelhub yang telah dimodifikasi ketebalan magnetnya. Proses pengujian eksisting dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak ANSYS Motor CAD, peneliti dapat menganalisis kinerja dan karakteristik motor secara virtual sebelum diterapkan pada perangkat motor. ANSYS Motor CAD, digunakan untuk mensimulasikan berbagai simulasi dan desain untuk memberikan nilai rpm, torsi, dan effisiensi terbaik dari wheelhub motor modifikasi.
Kata kunci : Motor BLDC, Torsi, RPM

Subjek

ELECTRIC VEHICLES-DESIGN AND CONSTRUCTION
 

Katalog

MODIFIKASI MOTOR BLDC WHEELHUB BERDASARKAN ANALISA EFEK KETEBALAN MAGNET TERHADAP TORSI DAN RPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDO JUAN WIDODO
Perorangan
Susijanto Tri Rasmana, Dimas Adiputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro - Kampus Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini