Analisis Sentimen Chatbot Perbankan Menggunakan Model Pembelajaran Mesin Berbasis Graf - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

NAUFAL REZKY ANANDA

Informasi Dasar

469 kali
24.04.2182
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Menu tanya jawab sering kali menampilkan informasi sebagai pertanyaan umum tentang layanan dan produk  perusahaan.  Selain itu, terkadang pengguna  harus menelusuri semua halaman untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, yang memakan waktu lama.  Alternatif yang ditawarkan perusahaan perbankan seperti BRI adalah Sabrina yaitu chatbot yang dapat menjawab pertanyaan seputar produk BRI. Namun, chatbot dibuat dengan metode dialog decision sehingga tidak memiliki pengetahuan terhadap sentimen kalimat. Metode tradisional seperti word2vec yang langsung melakukan training data tidak lagi efisien karna representasi terhadap kalimatnya yang terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode yang dapat menghubungkan kata antar kata agar lebih bisa dimengerti oleh model yaitu memakai graph-based representation. Data yang diubah akan diproses dengan model berbasis graph. Oleh karena itu, otomatisasi ini diperlukan untuk dapat mengetahui kinerja chatbot sekaligus memberikan pengetahuan sentiment melalui percakapannya dengan user. Dalam penelitian ini, diterapkan tiga model rekomendasi berbasis graf dan tiga model rekomendasi berbasis pohon. Model berbasis graf yang digunakan adalah GCN, Chebycev-Graph dan Transformer-Graph. Model berbasis pohon yang digunakan adalah Random Forest, LightGBM dan XGBoost. Dari keenam model yang dibuat, dilakukan perbandingan terhadap performa dan waktu inferensi. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model rekomendasi berbasis graf menghasilkan nilai Akurasi mirip dengan XGBoost yaitu 0,7173. Pada sisi waktu inferensi model berbasis graph lebih cepat 3 kali lipat daripada model berbasis pohon.

Subjek

DATA SCIENCE
 

Katalog

Analisis Sentimen Chatbot Perbankan Menggunakan Model Pembelajaran Mesin Berbasis Graf - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL REZKY ANANDA
Perorangan
Kemas Rahmat Saleh Wiharja, Moch. Arif Bijaksana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • CII3L3 - PEMBELAJARAN MESIN LANJUT
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini