ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN, KONDISI SITUASIONAL, DAN SWITCHING COST TERHADAP PERILAKU BERALIH PELANGGAN KARTU POSTPAID TELKOMSEL DI KOTA BATAM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

PASKAH RINAULI PURBA

Informasi Dasar

158 kali
24.05.294
658.834 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Persaingan yang ketat di industri telekomunikasi Indonesia telah menghasilkan perang harga dan kemudian meningkatkan tingkat churn konsumen. Churn adalah representasi dari perilaku beralih dari konsumen. Perilaku peralihan tersebut antara lain disebabkan oleh tiga faktor yaitu ketidakpuasan konsumen, persepsi kondisi situasional, dan switching cost yang dirasakan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap perilaku pelanggan kartu pascabayar Telkomsel di kota Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan kartu pascabayar Telkomsel yang berada di wilayah geografis Batam. Metode penentuan sampel dilakukan dengan quota sampling dengan ukuran sampel sebanyak 400 sampel dan pengumpulan data melalui kuesioner. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis regresi logistik dengan perangkat lunak SPSS 24.00 yang terlebih dahulu diuji dengan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketidakpuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku beralih pelanggan kartu pascabayar Telkomsel di kota Batam, (2) persepsi kondisi situasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku beralih pelanggan kartu pascabayar Telkomsel di kota Batam. (3) switching cost yang dirasakan konsumen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku beralih pelanggan kartu pascabayar Telkomsel di kota Batam. Sehubungan dengan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, diharapkan penelitian lebih lanjut untuk meneliti indikator switching cost yang lebih spesifik dan fokus pada kategori switching cost prosedural dan finansial. Selain itu, diharapkan terdapat penelitian lanjutan yang bertujuan untuk menemukan faktor-faktor lain yang juga memberikan kontribusi pengaruh pada perilaku beralih untuk mendapatkan model perilaku beralih konsumen yang lebih lengkap. Kata kunci: Perilaku beralih, ketidakpuasan konsumen, kondisi situasional, switching cost, jasa telekomunikasi selular.

Subjek

CONSUMEN BEHAVIOUR
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN, KONDISI SITUASIONAL, DAN SWITCHING COST TERHADAP PERILAKU BERALIH PELANGGAN KARTU POSTPAID TELKOMSEL DI KOTA BATAM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PASKAH RINAULI PURBA
Perorangan
Palti Maruli Tua Sitorus
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • MMPA16 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini