Museum Olahraga Surabaya merupakan sebuah institusi yang mengumpulkan dan melestarikan artefak, dokumentasi, dan sejarah olahraga di Surabaya. Namun, saat ini pengelolaan dan akses terhadap koleksi yang ada masih dilakukan secara konvensional dan belum memanfaatkan potensi teknologi informasi yang ada. Sehingga diperlukan antarmuka pengguna yang intuitif dan responsif, mempertimbangkan tampilan yang menarik serta kemudahan navigasi. Aplikasi akan memiliki fitur-fitur penting seperti pencarian koleksi, informasi detail untuk setiap item serta informasi musuem lainnya, aksesibilitas juga menjadi pertimbangan penting dalam perancangan aplikasi. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi web yang dapat diakses melalui berbagai perangkat. Metode pengembangan SDLC waterfall dan analisis sistem dengan UML memberikan pendekatan yang terstruktur dan sistematis dalam perancangan dan pengembangan aplikasi. Front-end aplikasi dikembangkan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript untuk menciptakan antarmuka yang intuitif dan responsif. Back-end aplikasi menggunakan framework Laravel, bahasa pemrograman PHP beserta penggunaan database MySql untuk menyimpan dan mengelola informasi arsip museum. Berdasarkan pengujian black box Aplikasi ini memudahkan pengelola museum dalam menyimpan, mencari, dan mengelola informasi koleksi secara efisien dan terstruktur, dengan antarmuka yang mudah digunakan dan responsif, sehingga mendukung operasional museum sehari-hari dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggali informasi sejarah olahraga di Surabaya. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga dapat berkontribusi dalam pengembangan teknologi informasi dalam bidang arsip digital dan aplikasi museum di Indonesia.
Kata kunci— Arsip Digital, Museum, Web Applications