PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN SERVICE LAPTOP DAN KOMPUTER BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA UMKM EZPC - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIFANDA ATALAH URFI

Informasi Dasar

37 kali
24.04.2341
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

EZPC merupakan UMKM yang bergerak pada bidang jasa, yang menawarkan jasa service laptop dan komputer. Lokasi tempat EZPC berada pada jalan Masjid No. 15A, Prapen, Kota Surabaya. Pengelolaan service pada EZPC ini masih manual, yang dimana untuk pencatatan data laptop atau komputer yang diperbaiki masih di buku, tidak ada informasi terkait aksesoris yang diganti termasuk harga dan ketersediaan, tidak ada informasi pengerjaan secara real time, tidak ada pemberitahuan informasi secara otomatis terkait pengerjaan yang sudah selesai kepada pelanggan dan tidak ada pendataan otomatis terkait penghasilan yang didapatkan dari perbaikan laptop atau komputer selama waktu yang telah ditentukan yaitu perhari. Pada penelitian ini akan merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi manajemen perbaikan laptop dan komputer berbasis website yang nantinya terdapat fitur dashboard, fitur riwayat pelanggan, fitur riwayat perbaikan laptop dan komputer, fitur status perbaikan laptop dan komputer secara real time yang nantinya terdapat informasi komponen-komponen laptop yang diperbaiki termasuk harga beserta status dari komponen dan pendataan terkait penghasilan yang didapatkan dari perbaikan laptop dan komputer selama perhari yang dapat di filter berdasarkan tanggal. Untuk fitur status perbaikan laptop dan komputer secara real time akan terintegrasi dengan google mail yang bertujuan untuk otomatisasi pemberitahuan mengenai informasi perbaikan laptop dan komputer kepada pelanggan. Aplikasi ini akan dikembangkan menggunakan metode prototype yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Communication, Quick Plan & Modelling Quick Design, Construction of Prototype, Deployment Delivery & Feedback. Tahapan Communication mendiskusikan tentang perangkat lunak yang akan dibuat. Tahapan Quick Plan & Modelling Quick Design melakukan perancangan sistem dengan membuat use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, skema database dan entity relationship diagram. Tahapan Construction of Prototype membuat tampilan seperti wireframe dan mock-up. Tahapan Deployment Delivery & Feedback melakukan implementasi berdasarkan perancangan yang telah dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan database yang digunakan menggunakan MySQL dan dilakukan analisis terhadap aplikasi agar mendapatkan komentar masukan dari pengguna terkait fitur dan tampilan dari prototype. Pemilihan metode prototype ini dikarenakan memudahkan bagi klien dan pengembang dalam merancang dan membangun aplikasi manajemen service ini karena adanya tahapan yang melakukan feedback sehingga hasilnya akan lebih optimal dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa aplikasi manajemen service berbasis website dengan dua aktor yaitu admin dan owner. Pada pengujian aplikasi menggunakan blackbox testing dengan menggunakan teknik equivalence partitioning melakukan testing terhadap 26 butir pengujian mendapatkan persentase keberhasilan 100% valid atau sesuai.
Kata kunciPrototype, PHP, MySQL, Laravel

Subjek

PEMROGRAMAN WEB
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN SERVICE LAPTOP DAN KOMPUTER BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA UMKM EZPC - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFANDA ATALAH URFI
Perorangan
Yupit Sudianto, Adzanil Rachmadhi Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IS3333 - PEMROGRAMAN BERBASIS WEB

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini