CV. Handi Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam penyediaan valve kapal dan jasa service kapal. Dalam usaha mendukung penjualan CV. Handi Group yang saat ini masih menggunakan metode tradisional, terdapat beberapa tantangan utama. Tantangan pertama adalah penggunaan metode penjualan yang masih bersifat konvensional, yang menghambat efisiensi dan cakupan pasar. Tantangan kedua yang muncul adalah kesulitan dalam pengelolaan dan penyimpanan data pemesanan valve dari berbagai mitra bisnis, yang menyebabkan potensi kesalahan dan ketidakakuratan dalam pengelolaan data. Apalagi dalam hal ini Owner masih melakukan pemesanan via whatsapp, karena inilah beberapa pemesanannya tidak ada laporan, yang membuat perusahaan ini sering melakukan kesalahan dalam pengelolaan data. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang serta menerapkan sebuah situs website penjualan yang dirancang untuk mendukung operasional CV. Handi Group dengan cara memodernisasi proses penjualan dan pengelolaan data. Penelitian ini menggunakan metode Extreme Programming (XP), yang terdiri dari empat tahapan utama: perencanaan (planning), desain (design), pengkodean (coding), dan pengujian (testing). Pada tahap awal, dilakukan wawancara dengan pihak CV. Handi Group untuk mengidentifikasi permasalahan dalam manajemen laporan dan penjualan valve kapal. Berdasarkan temuan ini, diidentifikasi peluang untuk mengembangkan aplikasi berbasis website yang dapat mendukung penjualan online dan penyimpanan laporan secara efisien bagi CV. Handi Group. Setelah melakukan wawancara tadi peneliti membuat sebuah user stories yang digunakan untuk mengetahui fitur yang diinginkan oleh perusahaan sesuai jawaban dari wawancara sebelumnya, user stories digunakan agar peneliti lebih mudah dalam mengetahui fitur yang diinginkan tanpa harus melakukan wawancara lagi. Pada tahap design, dilakukan perencanaan sistem informasi dengan pendekatan berorientasi objek, hal ini mencakup pembuatan Use Case Diagram, Use Case Scenario Activity Diagram, Sequence Diagram, Robustness Diagram, Entity Relational Database, dan Class Diagram untuk mengidentifikasi fungsi-fungsi dalam sistem. Pada tahapan coding melibatkan kegiatan penerapan pemodelan yang sudah dibuat kedalam bentuk user interface dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pengkodean dirancang untuk berbagai device salah satunya yaitu berbasis website dengan menggunakan pemrograman bahasa PHP, CSS, dan JS dengan menggunakan framework Laravel dan bootstrap. Pada tahapan testing ini merupakan kegiatan pengujian dimana aplikasi diuji untuk memastikan kesesuaian dengan perancangan yang telah dibuat, proses pengujian dilakukan dengan menerapkan teknik Black Box Testing dengan menggunakan teknik boundary value berfokus pada pencarian error dari luar atau sisi dalam perangkat lunak. Penelitian ini menghasilkan tiga iterasi dalam pengembangan situs website menggunakan metode Extreme Programming. Dari tiga iterasi tersebut, berhasil dikembangkan sebuah website penjualan dengan dua jenis user, yaitu Customer dan Admin. Website ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian valve dan pemesanan jasa service dengan aman dan nyaman. Selain itu, sistem ini juga ada user, Admin yang membantu CV. Handi Group dalam pengelolaan transaksi orderan dan pemesanan jasa secara lebih efisien, admin juga bisa menambahkan product terbarunya, dan tempat pelabuhan baru yang akan datang. Admin bisa selalu mengecek jumlah stock yang ada, tanpa harus mengecek secara manual satu persatu. Pembuatan website ini memberikan solusi yang lebih efektif dibandingkan dengan metode tradisional sebelumnya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah situs website yang mampu mengatasi permasalahan yang ada sebelumnya dan mendukung pertumbuhan bisnis CV. Handi Group secara signifikan.
Kata kunci— Website Valve Metode Extreme Programming, Penjualan Valve, , Penjualan Konvensional, Website Penjualan