DELCOMP adalah penyedia jasa servis laptop yang menangani perbaikan dari software, maupun
hardware. Dalam pengelolaannya, pendataan pelanggan dan sparepart masih dilakukan di kertas biasa
ataupun note, bukti nota atau invoice masih menggunakan bentuk fisik. Untuk mengatasi hal tersebut,
dikembangkan sebuah aplikasi untuk memudahkan pihak penyedia jasa servis dalam operasionalnya.
Aplikasi berbasis web yang dibangun memiliki fitur mencatat data pelanggan beserta kerusakan yang
dialami laptopnya. Terdapat fitur inventory juga yang berguna untuk mendata sparepart. Aplikasi ini juga
menampilkan bukti nota yang dibayarkan oleh pelanggan. Fitur lainnya adalah mendata stok sparepart
agar pihak toko dapat melihat stok sparepart yang tersedia, pihak toko juga bisa melihat grafik
banyaknya merek laptop apa saja yang diservis di toko tersebut agar pihak toko bisa mengkalkulasikan
sparepart apa saja yang akan dibeli untuk persediaan stok. Pelanggan juga bisa melihat history servis yang
telah dilakukan pada aplikasi ini. Aplikasi ini dirancang menggunakan Unified Modelling Language dan
dikembangkan menggunakan PHP dengan framework Laravel untuk pengembangan sisi server, serta
HTML dan Vue.js untuk antarmuka pengguna, dan database MySQL. Pengujian Aplikasi dilakukan
dengan menggunakan Black Box Testing dengan hasil sesuai dengan rata – rata sukses dan juga
menggunakan S-UEQ dengan hasil benchmark di angka 1.58 yang termasuk dalam kategori good.
Aplikasi ini telah dikembangkan dan dapat memfasilitasi kebutuhan diatas, yang memiliki fitur
mengelola servis, mengelola inventory, mengelola customer, mencetak nota secara digital.