Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas host dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli pada pengguna live streaming shopping di Kota Bandung, mengambil platform Shopee Live sebagai contoh. Faktor yang mempengaruhi kredibilitas host dan kepercayaan konsumen adalah keterlibatan konsumen.
Penelitian ini menguji kredibilitas host dan kepercayaan konsumen yang mempengaruhi keterlibatan konsumen dan minat beli, menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan menyebarkan kuesioner kepada 385 responden yang berdomisili di Kota Bandung, pernah menonton dan pernah membeli produk dari platform Shopee Live. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan uji outer model yaitu convergent validity, discriminant validity, average variance extracted (AVE), composite reliability, dan cronbach alpha dan uji inner model yaitu Coefficient of Determination (R2), Predictive Relevance (Q2), Effect Size (F2), dan Standardized Root Mean Square Residual (SRMR). Penelitian ini juga menggunakan teknik uji hipotesis dan uji mediasi.
Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa kredibilitas host, kepercayaan konsumen, keterlibatan konsumen, dan minat beli masing-masing berada pada kategori baik. Masing-masing variabel kredibilitas host dan kepercayaan konsumen secara parsial, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan konsumen dan minat beli pada pengguna Shopee Live di Kota Bandung. Selain itu, variabel kredibilitas host dan kepercayaan konsumen secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui keterlibatan konsumen sebagai variabel intervening.
Kata kunci - Kredibilitas Host, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli, Keterlibatan Konsumen, Shopee Live