PENGARUH GREEN ACCOUNTING DAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020 – 2022 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RINA PUTRI MARYANINGSIH

Informasi Dasar

113 kali
24.04.2509
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perusahaan pertambangan di Indonesia berkembang sangat pesat, karena keanekaragaman sumber daya alam yang melimpah, salah satunya sumber daya batu bara. Hal tersebut menjadi peluang perusahaan untuk mengeksplorasi sumber daya alam di Indonesia. Isu lingkungan yang terjadi di Indonesia menjadi salah satu perhatian utama termasuk industri pertambangan. Penting bagi Indonesia untuk memfokuskan kebijakan peraturan lingkungan demi mensukseskan program pemerintah yaitu Sustainable Developmnet Goals 2030.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial dari Green Accounting dan Sistem Manajemen Lingkungan terhadap Kinerja Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020 – 2022. Kinerja Lingkungan merupakan strategi untuk mengurangi dampak lingkungan. Green Accounting merupakan praktik akuntansi tentang alokasi dana untuk kegiatan lingkungan. Sistem Manajemen Lingkungan merupakan komponen prosedur kegiatan untuk menjaga kebijakan lingkungan.
Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020 – 2022. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang dapat diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 19 sampel dengan total 57 observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, Green Accounting dan Sistem Manajemen Lingkungan secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Lingkungan. Secara parsial Green Accounting memiliki pengaruh negatif terhadap Kinerja Lingkungan dan Sistem Manajemen Lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Lingkungan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang bersifat positif bagi perusahaan khususnya perusahaan pertambangan dalam penerapan biaya lingkungan dengan memprioritaskan kegiatan lingkungan, melakukan pelaporan yang transparan mengenai dampak lingkungan serta memperbarui manajemen lingkungan untuk memperkuat implementasi kebijakan lingkungan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH GREEN ACCOUNTING DAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020 – 2022 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINA PUTRI MARYANINGSIH
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini