Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Profitabilitas (ROA), Leverage (DAR), dan Ukuran Perusahaan (Ln Total Aset) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang tersedia di situs web Bursa Efek Indonesia maupun situs web perusahaan.
Populasi pada studi ini terdiri dari perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2022. Sampel sebanyak 18 perusahaan dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, sehingga jumlah data observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 sampel. Metode analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif statistik serta analisis regresi data panel yang dilakukan menggunakan perangkat lunak Eviews versi 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, leverage memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki oleh penulis. Saran yang diberikan oleh penulis ini dapat menjadi panduan bagi peneliti dalam penelitian berikutnya, serta memberikan wawasan bagi masyarakat, investor, dan perusahaan.
Kata Kunci : Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusaan.