Nilai perusahaan merupakan nilai yang diberikan kepada perusahaan berdasarkan nilai aset dan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Nilai perusahaan dapat digunakan untuk menentukan nilai investasi, megukur kinerja perusahaan, dan mengukur risiko invetasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumen primer periode 2018-2022. Dalam penelitian ini struktur modal, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial adalah variabel independen serta nilai perusahaan merupakan variabel dependen. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan total 17 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun dari total 33 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Pengolahan data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12 dan Excel 16 untuk melakukan mengujian data. Penelitian menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil uji simultan secara bersama-sama struktur modal, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. hasil uji parsial dapat disimpulkan bahwa struktur modal dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi terhadap perusahaan untuk mempertahankan atau meningkatkan profitabilitas supaya meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di perusahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial