Banyaknya isu lingkungan mendorong menajemen memperhatikan citra kinerja lingkungan yang baik guna menumbuhkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi dan reaksi investor terhadap perusahaan yang sebagaimana tercermin dalam harga sahamnya, sehingga nilai perusahaan menjadi gagasan krusial bagi perusahaan sebagai output atas performa manajemen. Penelitian ini menginvestigasi upaya pendekatan perusahaan terhadap pemangku kepentingan dari perspektif lingkungan.
Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji, menganalisa, dan menyediakan bukti empiris akan pengaruh carbon emission disclosure, eco-efficiency, dan biaya lingkungan terhadap nilai perusahaan pada sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2023. Nilai perusahaan pada penelitian ini diproksikan menggunakan PBV. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 24 perusahaan dari 3 tahun periode penelitian sehingga didapat 72 unit observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan aplikasi Eviews 12.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa secara simultan variabel carbon emission disclosure, eco-efficiency, dan biaya lingkungan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, carbon emission disclosure tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, eco-efficiency berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan, dan biaya lingkungan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Disarankan peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti kembali dengan indikator yang berbeda. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi perusahaan energi untuk meningkatkan efisiensi biaya dan kinerja lingkungan.
Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Carbon Emission Disclosure, Eco-efficiency, Biaya Lingkungan