Tujuan utama dari sebuah perusahaan yaitu guna menaikkan tingkat nilai perusahaan demi mengoptimalkan kesejahteraan para pihak yang memegang saham. Nilai perusahaan ini bisa diamati dengan harga saham, di mana harga saham yang tinggi menunjukkan rasio pengembalian yang lebih besar bagi investor. Apabila nilai perusahaan tinggi, pasar akan merespon dengan memberikan kepercayaan terhadap kinerja dan prospek masa depan perusahaan. Studi ini menerapkan metode kuantitatif menggunakan data sekunder yang didapat dari laporan keuangan dan laporan tahunan yang tersedia di situs web perusahaan. Populasi pada studi ini adalah perusahaan subsektor perbankan yang termausk dalam daftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan yaitu purposive sampling, menghasilkan 40 perusahaan sebagai sampel menurut standarisasi yang ditentukan, sehingga terdapat 160 data observasi pada riset ini. Analisis data dilakukan melalui penggunaan analisis statistik deskriptif serta analisis regresi data panel melalui Eviews 12. Hasil studi mengindikasikan bahwasanya intellectual capital, ukuran perusahaan, serta leverage dengan cara bersamaan memberikan dampak pada nilai perusahaan. Secara parsial, intellectual capital memberikan dampak positif signifikan pada nilai perusahaan, sementara ukuran perusahaan dan leverage tidak memberikan dampak pada nilai perusahaan.
Kata kunci : Intellectual Capital, Leverage, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan