Pada revolusi 4.0 perusahaan ditantang untuk menciptakan struktur organisasi yang fleksibel, sehingga perusahaan dapat terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Munculnya revolusi industri 4.0 mengharuskan perusahaan mengambil tindakan untuk menggunakan teknologi digital dalam proses berjalannya bisnis.
PT. Pos Logistik Indonesia (PosLog) adalah anak perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang jasa logistik. Dalam menjaga kepercayaan pelanggannya PosLog melakukan beberapa strategi kunci, salah satunya adalah mengubah sistem tradisional menjadi sistem berbasis digital dalam menggerakan seluruh operasional perusahaan. Namun dalam berjalannya transformasi digital, PosLog menghadapi masalah dalam kesiapan sumber daya dan adaptasi pada proses bisnisnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat, dampak yang terjadi dan cara menanggulangi faktor tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara untuk mengambil data primer.
Hasil penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor penghambat transformasi digital PT. Pos Logistik Indonesia, meliputi masalah dalam proses bisnis, produk/jasa, sumber daya manusia, teknologi, komitmen, dan peran strategis IT. Hambatan ini berdampak pada efisiensi operasional, adaptasi karyawan, dan keandalan sistem digital. Untuk mengatasi tantangan ini, di rancanglah strategi pengembangan roadmap transformasi digital yang terdiri dari tiga kelompok yaitu strategi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Strategi pengembangan roadmap ini bertujuan untuk membantu PT. Pos Logistik Indonesia mengatasi hambatan transformasi digital dan mencapai tujuan digitalisasi.
Kata Kunci: Transformasi Digital, PT. Pos Logistik Indonesia, Logistik