ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS : CV KARYA JAYA SUMEDANG) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RISKY RAPLIALDI HARAKAT

Informasi Dasar

17 kali
24.04.2719
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. KARYA JAYA merupakan badan usaha kontraktor yang bergerak dalam

berbagai bidang industri konstruksi. Secara khusus, perusahaan ini beroperasi

sebagai Perseroan Terbatas (CV) yang mengkhususkan diri dalam jasa kontraktor

untuk berbagai proyek, termasuk konstruksi bangunan, infrastruktur jalan, instalasi

listrik, konstruksi jembatan, dan usaha terkait. Untuk mencapai kesuksesan dalam

bisnisnya, tentunya perusahaan membutuhkan strategi-strategi terbaik yang dapat

diterapkan. Sangat penting bagi tiap perusahaan memahami strategi pengembangan

dan mengetahui upaya apa saja yang harus ditempuh agar menjadi lebih unggul dari

para pesaing yang ada. Strategi pengembangan bisnis dapat berjalan dengan baik

jika dibarengi dengan program pengembangan yang terencana dengan matang.

Sehingga diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan dalam

menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor internal dan

eksternal dan juga memberikan saran mengenai penetapan alternatif strategi

pengembangan yang sesuai bagi CV. KARYA JAYA. Penulis melakukan

penelitian menggunakan metode kombinasi (mix methode), dengan memanfaatkan

metode kualitatif dan metode kuantitatif dalam pengambilan data. Sumber data

primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner pembobotan, sedangkan data

skunder dari buku, artikel, internet data perusahaan dan penelitian terdahulu.

Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan matriks

SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan QSPM (Quantitative

Strategic Planning Matrix). Matriks SWOT digunakan untuk mendapatkan

alternatif strategi yang didapatkan dari faktor internal dan eksternal. Selanjutnya

matriks SWOT digunakan untuk menghasilkan alternatif strategi, yang kemudian

ditentukan dengan menggunakan QSPM. Matriks IFE (Internal Factor Evaluation)

dan matriks EFE (External Factor Evaluation) juga digunakan dalam penelitian ini

untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan.

Dan matrik IE (Internal-External) untuk mengetahui posisi strategi bisnis

perusahaan. Setelah melakukan pengolahan data akan menghasilkan alternatif

strategi pengembangan bisnis yang telah ditentukan.

Subjek

MANAJEMEN STRATEGI
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS : CV KARYA JAYA SUMEDANG) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKY RAPLIALDI HARAKAT
Perorangan
Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini