CV. KARYA JAYA merupakan badan usaha kontraktor yang bergerak dalam
berbagai bidang industri konstruksi. Secara khusus, perusahaan ini beroperasi
sebagai Perseroan Terbatas (CV) yang mengkhususkan diri dalam jasa kontraktor
untuk berbagai proyek, termasuk konstruksi bangunan, infrastruktur jalan, instalasi
listrik, konstruksi jembatan, dan usaha terkait. Untuk mencapai kesuksesan dalam
bisnisnya, tentunya perusahaan membutuhkan strategi-strategi terbaik yang dapat
diterapkan. Sangat penting bagi tiap perusahaan memahami strategi pengembangan
dan mengetahui upaya apa saja yang harus ditempuh agar menjadi lebih unggul dari
para pesaing yang ada. Strategi pengembangan bisnis dapat berjalan dengan baik
jika dibarengi dengan program pengembangan yang terencana dengan matang.
Sehingga diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan dalam
menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor internal dan
eksternal dan juga memberikan saran mengenai penetapan alternatif strategi
pengembangan yang sesuai bagi CV. KARYA JAYA. Penulis melakukan
penelitian menggunakan metode kombinasi (mix methode), dengan memanfaatkan
metode kualitatif dan metode kuantitatif dalam pengambilan data. Sumber data
primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner pembobotan, sedangkan data
skunder dari buku, artikel, internet data perusahaan dan penelitian terdahulu.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan matriks
SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan QSPM (Quantitative
Strategic Planning Matrix). Matriks SWOT digunakan untuk mendapatkan
alternatif strategi yang didapatkan dari faktor internal dan eksternal. Selanjutnya
matriks SWOT digunakan untuk menghasilkan alternatif strategi, yang kemudian
ditentukan dengan menggunakan QSPM. Matriks IFE (Internal Factor Evaluation)
dan matriks EFE (External Factor Evaluation) juga digunakan dalam penelitian ini
untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan.
Dan matrik IE (Internal-External) untuk mengetahui posisi strategi bisnis
perusahaan. Setelah melakukan pengolahan data akan menghasilkan alternatif
strategi pengembangan bisnis yang telah ditentukan.