PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN PERCEIVED PRIVACY TERHADAP KINERJA UMKM DI JAWA BARAT DENGAN PENGGUNAAN E-COMMERCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FAARIS HUSAIN RAMADHANI

Informasi Dasar

4 kali
24.04.2722
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat e-commerce yang memberikan peluang besar bagi UMKM di Jawa Barat untuk meningkatkan kinerja mereka. Penggunaan e-commerce memungkinkan UMKM menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan efisiensi operasional. Namun, adopsi teknologi ini di kalangan UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan privasi.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh persepsi kegunaan (perceived usefulness), kemudahan penggunaan (perceived ease of use), dan privasi (perceived privacy) terhadap kinerja UMKM dengan penggunaan e-commerce sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM di Jawa Barat. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu kinerja UMKM dengan penggunaan e-commerce sebagai variable mediasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-commerce terhadap kinerja UMKM. Namun, Perceived Privacy tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelaku UMKM lebih mempertimbangkan manfaat dan kemudahan penggunaan e-commerce daripada kekhawatiran terkait privasi.
Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami faktor-faktor yang mendorong penggunaan e-commerce oleh UMKM. Berdasarkan temuan ini, disarankan kepada pelaku UMKM untuk lebih memanfaatkan e-commerce guna meningkatkan kinerja bisnis mereka. Pemerintah juga diharapkan dapat mendukung dengan kebijakan yang memfasilitasi penggunaan teknologi e-commerce oleh UMKM. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai aspek privasi dan bagaimana hal tersebut dapat diatasi untuk meningkatkan kepercayaan pelaku UMKM.
Kata Kunci: E-commerce, UMKM, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Privacy.
 

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN PERCEIVED PRIVACY TERHADAP KINERJA UMKM DI JAWA BARAT DENGAN PENGGUNAAN E-COMMERCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAARIS HUSAIN RAMADHANI
Perorangan
Lia Yuldinawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini