PT. Shopee Internasional Indonesia secara konsisten berupaya untuk mengembangkan kualitas pelayanan demi memperoleh peningkatan dalam kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada ShopeeFood yang tumbuh cepat sebagai entitas bisnis dalam industri ini dan bersaing ketat dengan para pesaingnya. Khususnya, fokus analisis adalah pada pelanggan ShopeeFood di wilayah Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori kualitas pelayanan yang meliputi lima dimensi utama: berwujud (
Tangible), keandalan (
Reliability), jaminan (
Assurance), kepekaan (
Responsiveness) dan empati (
Empathy). Teori ini menyatakan bahwa peningkatan kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui peningkatan pada berbagai dimensi kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif, metodologi kuantitatif. Sejumlah 407 kuesioner dibagikan kepada konsumen Shoppe Food yang berada di Kota Bandung, di mana 405 diantaranya dikonfirmasi valid. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini mengaplikasikan metode analisis regresi linier berganda dengan penggunaan software SPSS. Penelitian yang dilaksanakan mendemonstrasikan bahwa faktor-faktor secara signifikan berkontribusi pada kepuasan pelanggan. Sementara itu, aspek
Responsiveness tidak terbukti mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan. Hasil tersebut selaras dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nadia Afrilliana pada tahun 2020, yang menyatakan bahwa
responsiveness tidak berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan beberapa saran praktis bagi Shopee Food. Perusahaan dianjurkan untuk memprioritaskan pengembangan pada aspek keandalan, berwujud, jaminan, serta empati dalam penyajian layanan mereka. Harapannya, hasil dari penelitian ini akan memberikan dasar teoritis untuk riset mendatang. Selain itu, diharapkan juga dapat berkontribusi secara praktis dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan di ShoppeFood.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, ShoppeFood