PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE FOOD DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SARAH MAHARANI

Informasi Dasar

14 kali
24.04.2817
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 
PT. Shopee Internasional Indonesia secara konsisten berupaya untuk mengembangkan kualitas pelayanan demi memperoleh peningkatan dalam kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada ShopeeFood yang tumbuh cepat sebagai entitas bisnis dalam industri ini dan bersaing ketat dengan para pesaingnya. Khususnya, fokus analisis adalah pada pelanggan ShopeeFood di wilayah Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori kualitas pelayanan yang meliputi lima dimensi utama: berwujud (Tangible), keandalan (Reliability), jaminan (Assurance), kepekaan (Responsiveness) dan empati (Empathy). Teori ini menyatakan bahwa peningkatan kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui peningkatan pada berbagai dimensi kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif, metodologi kuantitatif. Sejumlah 407 kuesioner dibagikan kepada konsumen Shoppe Food yang berada di Kota Bandung, di mana 405 diantaranya dikonfirmasi valid. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini mengaplikasikan metode analisis regresi linier berganda dengan penggunaan software SPSS. Penelitian yang dilaksanakan mendemonstrasikan bahwa faktor-faktor secara signifikan berkontribusi pada kepuasan pelanggan. Sementara itu, aspek Responsiveness tidak terbukti mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan. Hasil tersebut selaras dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nadia Afrilliana pada tahun 2020, yang menyatakan bahwa responsiveness tidak berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan beberapa saran praktis bagi Shopee Food. Perusahaan dianjurkan untuk memprioritaskan pengembangan pada aspek keandalan, berwujud, jaminan, serta empati dalam penyajian layanan mereka. Harapannya, hasil dari penelitian ini akan memberikan dasar teoritis untuk riset mendatang. Selain itu, diharapkan juga dapat berkontribusi secara praktis dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan di ShoppeFood.
 
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, ShoppeFood
 

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
Marketing, CUSTOMER LOYALTY,

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE FOOD DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARAH MAHARANI
Perorangan
Anton Mulyono Azis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini