Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengubah cara bisnis dijalankan, termasuk UMKM. Dengan memanfaatkan TIK, UMKM dapat mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan efisiensi. Salah satu bentuk TIK yang dapat dimanfaatkan UMKM adalah e-commerce. Adopsi e-commerce oleh UMKM di Indonesia masih beragam. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce oleh UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Managerial Characteristics , Observability, Relative Advantage, dan Customer Pressure terhadap adopsi e-commerce oleh UMKM di Kota Surakarta.
Dalam penelitian ini yang berlokasi di Kota Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan metode non-probability dengan teknik incidental. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS pada aplikasi Smart-PLS 4.
Jumlah responden di dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada UMKM Kota Surakarta dan dianalisis menggunakan SEM-PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Managerial Characteristics memiliki pengaruh negatif terhadap adoption e- commerce UMKM Kota Surakarta. Namun, pada variabel Observability, Relative Advantage, dan Customer Pressure tidak memiliki pengaruh positif terhadap adoption e- commerce UMKM Kota Surakarta.