PENGARUH MANAGERIAL CHARACTERISTICS, OBSERVABILITY, RELATIVE ADVANTAGE, DAN CUSTOMER PRESSURE TERHADAP ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DI KOTA SURAKARTA (SOLO) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIZKI RAMADHANDY

Informasi Dasar

2 kali
24.04.2819
658.405 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengubah cara bisnis dijalankan, termasuk UMKM. Dengan memanfaatkan TIK, UMKM dapat mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan efisiensi. Salah satu bentuk TIK yang dapat dimanfaatkan UMKM adalah e-commerce. Adopsi e-commerce oleh UMKM di Indonesia masih beragam. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce oleh UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Managerial Characteristics , Observability, Relative Advantage, dan Customer Pressure terhadap adopsi e-commerce oleh UMKM di Kota Surakarta.
Dalam penelitian ini yang berlokasi di Kota Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan metode non-probability dengan teknik incidental. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS pada aplikasi Smart-PLS 4.
Jumlah responden di dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada UMKM Kota Surakarta dan dianalisis menggunakan SEM-PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Managerial Characteristics memiliki pengaruh negatif terhadap adoption e- commerce UMKM Kota Surakarta. Namun, pada variabel Observability, Relative Advantage, dan Customer Pressure tidak memiliki pengaruh positif terhadap adoption e- commerce UMKM Kota Surakarta.
 

Subjek

ECOMMERCE
MANAJEMEN, CONFLICT MANAGEMENT, CUSTOMER,

Katalog

PENGARUH MANAGERIAL CHARACTERISTICS, OBSERVABILITY, RELATIVE ADVANTAGE, DAN CUSTOMER PRESSURE TERHADAP ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DI KOTA SURAKARTA (SOLO) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI RAMADHANDY
Perorangan
Muhammad Azhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3F4 - BISNIS DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini