ANALISIS STRATEGI BERSAING DENGAN PENDEKATAN SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN JASA KURIR DAN LOGISTIK PT. POS INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FARHAN RIZQI KESUMA

Informasi Dasar

172 kali
24.04.2862
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengiriman barang dalam bentuk jasa dapat memudahkan proses pengiriman berupa dokumen, logistik, dan alat elektronik dengan menggunakan jalur udara, laut, dan darat. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang bersaing dan berorientasi dalam melayani dan mendukung produk-produk jasa. Jasa pengiriman di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, perkembangan teknologi, dan perubahan perilaku konsumen sehingga membuat persaingan pada industri jasa pengiriman cukup ketat. Hal ini dipengaruhi dengan adanya perkembangan bisnis online yang dilakukan melalui platform digital seperti website, media sosial, dan toko online di e-commerce. Penelitian ini memliki tujuan yaitu untuk mengetahui model bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas yang digunakan saat ini dan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan peluang yang di hadapi PT. Pos Indonesia. Bedasarkan hasil analisis SWOT akan dikembangkan melalui matriks SWOT untuk menciptakan strategi baru terhadap sembilan blok Business Model Canvas pada PT. Pos Indonesia dalam bidang jasa kurir dan logistik. Hal ini untuk membantu dalam mengatasi pendapatan Pos Indonesia yang mengalami penurunan pada 5 tahun tekakhir. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data utama menggunakan wawancara mendalam kepada enam narasumber. Bedasarkan hasil penelitian ini untuk mengetahui model bisnis PT. Pos Indonesia melalui pendekatan Business Model Canvas saat ini dan dikembangkan melalui analisis SWOT serta matriks SWOT terhadap sembilan blok Business Model Canvas. Hasil strategi SO (Strength-Opportunity), WO (Weakness-Opportunity), ST (Strength-Threats), dan WT (Weakness-Threats) memperoleh tujuh rekomendasi strategi baru untuk Business Model Canvas PT. Pos Indonesia. Maka dari itu, diharapkan Pos Indonesia mempertimbangkan hasil rekomendasi pada Business Model Canvas baru dalam menjalankan bisnisnya. Kata Kunci: Business Model Canvas, analisis SWOT

Subjek

MANAGEMENT STRATEGY
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI BERSAING DENGAN PENDEKATAN SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN JASA KURIR DAN LOGISTIK PT. POS INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN RIZQI KESUMA
Perorangan
Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini