Penerapan Internet Of Things (IoT) dalam Membuat Biogas dari Limbah Organik untuk Kebutuhan Rumah Tangga - Dalam bentuk buku karya ilmiah

I MADE BAYU SATRIA WARDHANA

Informasi Dasar

2 kali
24.04.2863
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Solusi yang menjanjikan untuk menghasilkan energi terbarukan adalah pembuatan biogas dari limbah organik. Namun, hambatan dalam proses ini sering termasuk keharusan untuk memantau suhu, kelembaban, dan produksi gas secara teratur. Untuk menghindari polusi dan bau, pengelolaan limbah organik skala besar juga memerlukan manajemen yang baik. Selain itu, tidak mudah untuk memprediksi ketersediaan bahan baku limbah organik. Dalam situasi seperti ini, Internet of Things (IoT) mungkin dapat memantau dan mengelola kondisi fermentasi serta ketersediaan limbah organik dengan lebih baik.
Untuk mengatasi masalah ini, berbagai solusi berbasis Internet of Things telah diusulkan. Meskipun ada biaya dan masalah dengan integrasi data, sensor IoT dapat digunakan untuk memantau suhu, kelembaban, dan kualitas gas yang dihasilkan. Namun, mungkin tidak selalu mungkin untuk mengotomatisasi proses pembuatan biogas dengan data sensor Internet of Things. Analisis data canggih juga dapat mendeteksi pola yang tidak terlihat oleh manusia, tetapi membutuhkan perangkat keras yang kuat dan keterampilan analisis data yang kuat. Dengan mengetahui keterbatasan solusi yang ada, kontribusi baru atau inovasi yang lebih baik untuk produksi biogas dari limbah organik dapat dibuat.
Pengujian dilakukan untuk memastikan sensor dan pengaduk otomatis bekerja dengan baik, bot Telegram mengirimkan pesan peringatan tepat waktu, dan produksi biogas berjalan dengan benar. Selama tujuh hari, tes telah menguji menu bot Telegram, pemantauan dan penyesuaian lingkungan, dan pengujian keterlambatan pesan notifikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa integrasi perangkat keras dan perangkat lunak berhasil, tetapi ada hambatan seperti kebutuhan daya terus- menerus dan perawatan teratur. Karena penyetelan potensiometer yang salah, sensor MQ4 tidak dapat mendeteksi gas metana, dan sensor tekanan udara BMP180 dan DHT22 memiliki masalah dengan resolusi dan akurasi pengukuran. Secara keseluruhan, meskipun tujuan utama penelitian tercapai, perlu dilakukan optimalisasi tambahan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi sistem.
 

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

Penerapan Internet Of Things (IoT) dalam Membuat Biogas dari Limbah Organik untuk Kebutuhan Rumah Tangga - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xviii, 108p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I MADE BAYU SATRIA WARDHANA
Perorangan
Meta Kallista, Ig. Prasetya Dwi Wibawa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini