Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Sustainable Business Model Canvas pada Beda Cerita Coffee - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NURFAHMI RIZKI MULIA SUPARMAN

Informasi Dasar

1 kali
24.04.2866
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Isu lingkungan global sudah menjadi masalah serius seluruh dunia hal ini harus diperhatikan oleh seluruh sektor bisnis, termasuk industri makanan dan minuman salah satunya pada Industri Kopi. Industri kopi di Indonesia terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan dan tren gaya hidup yang mendorong pertumbuhan kedai kopi. Namun, di tengah persaingan yang ketat, pelaku usaha kopi perlu memperhatikan lingkungan juga tidak hanya memikirkan bisnis mereka sendiri untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis mereka. Beda Cerita Coffee, sebuah kedai kopi di Kabupaten Bandung, merupakan salah satu pelaku usaha yang perlu mengembangkan strategi bisnis yang berkelanjutan untuk menghadapi tantangan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Melihat model bisnis Beda Cerita Coffee saat ini menggunakan Business Model Canvas; 2) Mengetahui Sharing Economy, Efisiensi Sumberdaya, Recycle dari Beda Cerita Coffee; 3) Memberikan rekomendasi untuk model bisnis Beda Cerita Coffee. SBMC merupakan kerangka kerja yang menggabungkan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam merumuskan model bisnis yang berkelanjutan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan narasumber, observasi langsung, dan studi literatur terkait. Teknik analisis data dengan Triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beda Cerita Coffee memiliki kekuatan dalam produk kopi berkualitas, suasana kedai yang nyaman, dan memiliki sumber daya yang baik. Namun, terdapat kelemahan dalam aspek penggunaan kembali dan sharing economy. Dengan menggunakan SBMC, ditemukan peluang untuk mengembangkan bisnis dengan menerapkan praktik ramah lingkungan, meningkatkan keterlibatan masyarakat, dan memperkuat branding sebagai kedai kopi yang berkelanjutan. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan strategi bisnis yang holistik dan berkelanjutan bagi Beda Cerita Coffee, sekaligus menjadi acuan bagi pelaku usaha kopi lainnya.
Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan model strategi bisnis yang dirancang khusus untuk Beda Cerita Coffee. Saran untuk pengembangan bisnis Beda Cerita Coffee antara lain menerapkan konsep zero-waste, meningkatkan keterlibatan masyarakat lokal dalam rantai pasok, dan memperkuat branding sebagai kedai kopi yang berkelanjutan melalui kampanye pemasaran yang efektif. Penelitian lebih lanjut juga dapat dilakukan untuk mengeksplorasi implementasi praktik berkelanjutan di industri kopi secara lebih luas.

Subjek

Management strategic
 

Katalog

Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Sustainable Business Model Canvas pada Beda Cerita Coffee - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURFAHMI RIZKI MULIA SUPARMAN
Perorangan
Rina Djunita Pasaribu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SI632064 - STRATEGIC MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini