TINJAUAN ISU SOSIAL DALAM MEMBENTUK PREFERENSI KONSUMEN PADA GENERASI Z STUDI KASUS : PEMBOIKOTAN PRODUK ISRAEL “STARBUCKS” DI PAMULANG TAHUN 2024 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FABIAN JAVIER DENGA

Informasi Dasar

121 kali
24.06.245
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Di era digital saat ini, khususnya tahun 2024, Marketing modern tidak hanya berfokus pada menjual produk atau layanan, tetapi juga memainkan peran penting dalam membentuk opini publik dan mendukung isu-isu sosial Salah satu isu sosial yang sangat menonjol dan kompleks adalah konflik Israel-Palestina. Konflik ini bukan hanya persoalan politik dan kemanusiaan, tetapi juga mempengaruhi banyak aspek kehidupan termasuk ekonomi dan bisnis. Mengambil sikap atau berkontribusi pada dialog tentang konflik Israel-Palestina bisa menjadi cara bagi perusahaan untuk menunjukkan tanggung jawab sosial mereka dan mendukung upaya perdamaian. Salah satu bentuk aksi solidaritas tersebut berupa boikot atau tidak membeli produk dari perusahaan yang diduga berafiliasi dengan Israel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis isu sosial dalam Membentuk Preferensi Konsumen pada Generasi Z. Objek penelitian ini adalah Starbucks. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara langsung dengan konsumen (responden). Hasil dari wawancara tersebut menunjukkan bahwa responden mengurangi minat membeli produk Starbucks setelah kampanye boikot, menunjukkan bahwa faktor sosial dan etika mempengaruhi keputusan pembelian. Meskipun kualitas produk tetap diakui baik, kepuasan terhadap Starbucks menurun drastis karena persepsi terhadap komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai penting. . Nilai yang dirasakan dari produk tidak berubah, tetapi persepsi terhadap biaya sosial dan etika meningkat, mempengaruhi pandangan mereka terhadap merek. Nilai sosial memainkan peran penting dalam membentuk kepercayaan konsumen, di mana dukungan atau penentangan perusahaan terhadap isu-isu sosial mempengaruhi keputusan pembelian. Saran dari penulis terhadap hasil wawancara tersebut adalah, perusahaan perlu meningkatkan transparansi mengenai sikap dan tindakan mereka terhadap isu-isu sosial yang signifikan. Menyampaikan secara terbuka posisi dan komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan dapat membantu membangun kembali kepercayaan konsumen
 
Kata Kunci : Marketing, Boikot,Isu sosial, Generasi Z
 

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

TINJAUAN ISU SOSIAL DALAM MEMBENTUK PREFERENSI KONSUMEN PADA GENERASI Z STUDI KASUS : PEMBOIKOTAN PRODUK ISRAEL “STARBUCKS” DI PAMULANG TAHUN 2024 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 61p,; pdf file
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FABIAN JAVIER DENGA
Perorangan
Rahmat Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini