PENGARUH SOCIAL IDENTITY DAN CUSTOMIZATION TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE STUDI PADA KONSUMEN ANIMESHIAN DAN EZSTUDIO - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD FAIZ

Informasi Dasar

15 kali
24.05.306
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dalam dekade terakhir, budaya pop Jepang, khususnya anime, telah mengalami peningkatan popularitas yang signifikan di tingkat global, termasuk Indonesia yang kini menjadi salah satu basis penggemar terbesar. Fenomena ini telah memicu pergeseran tren fesyen di Indonesia, di mana elemen-elemen estetika anime secara progresif diintegrasikan ke dalam desain pakaian. Merek pakaian lokal Indonesia seperti Animeshian dan Ezstudio telah berhasil menangkap tren ini melalui layanan customization yang dapat mengakomodasi beragam preferensi penggemar anime. Merujuk pada tingginya kebutuhan akan hidup secara berkelompok yang dimiliki oleh anggota fandom anime, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari social identity dan customization terhadap repurchase intention melalui perceived value. Sebagai kerangka teoretis utama, penelitian ini mengadopsi Theory of Planned Behavior (TPB). TPB mengpostulatkan bahwa perilaku individu, dalam hal ini repurchase intention, dipengaruhi oleh tiga faktor utama: sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kendali perilaku yang dirasakan. Dalam konteks penelitian ini, perceived value dikonstruksikan sebagai representasi dari sikap terhadap perilaku, social identity merefleksikan norma subjektif, sementara customization dipandang sebagai manifestasi dari kendali perilaku yang dirasakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian adalah konsumen merek Animeshian dan Ezstudio yang secara aktif mengikuti konvensi anime setidaknya tiga hingga enam kali dalam setahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability purposive sampling agar responden yang didapatkan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Ukuran sampel ditentukan berdasarkan perhitungan menggunakan G*Power, menghasilkan jumlah sampel sebesar 129. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarluaskan kepada 314 pengikut akun Instagram Animeshian dan Ezstudio, namun yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 167 responden. Data yang valid kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik social identity maupun customization memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap perceived value hingga repurchase intention. Selain itu, kedua variabel independen tersebut juga secara signifikan mempengaruhi repurchase intention melalui variabel mediasi perceived value. Dengan demikian, seluruh hipotesis penelitian ini didukung oleh data empiris.
 

Subjek

COMMUNITY-MARKETING
 

Katalog

PENGARUH SOCIAL IDENTITY DAN CUSTOMIZATION TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE STUDI PADA KONSUMEN ANIMESHIAN DAN EZSTUDIO - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvii,199.;il,;pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAIZ
Perorangan
R. Nurafni Rubiyanti, Mahir Pradana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI7T2 - KOMUNIKASI BISNIS GLOBAL
  • KBI7L2 - KREATIF BISNIS GLOBAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini