Penelitian ini membahas strategi Humas PT Pos Indonesia (Persero) dalam meraih penghargaan “Excellent In Communication Related To Information Disclosure” Pada Ajang BUMN Track 2023. Tujuannya adalah memahami dan menganalisis langkah-langkah strategis yang diambil oleh PT Pos Indonesia (Persero) dalam meraih penghargaan “Excellent in Communication and Collaboration Related to Information Disclosure”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Riset merujuk pada model strategi humas Cutlip & Center, yang melibatkan Mendefinisikan Masalah, Perencanaan dan Pemrograman, Mengambil Tindakan dan Komunikasi, Mengevaluasi Program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) berhasil meningkatkan keterbukaan informasi publik hingga meraih penghargaan “Excellent In Communication Related To Information Disclosure” Pada Ajang BUMN Track 2023. Dalam mendefinisikan masalah, PT Pos Indonesia (Persero) melakukan analisis kebutuhan publik, brainstorming internal, dan penetapan ide. Tahap perencanaan menentukan tujuan & sasaran program, membuat perencanaan strategi, perencanaan strategi dalam penyampaian informasi program. Proses berlanjut dengan tindakan dan komunikasi melalui sosial media dan website PT Pos Indonesia (Persero). Evaluasi program dilakukan melalui media monitoring. Hasil penelitian menegaskan bahwa strategi humas PT Pos Indonesia (Persero) berhasil meningkatkan keterbukaan informasi publik hingga meraih penghargaan “Excellent In Communication Related To Information Disclosure” Pada Ajang BUMN Track 2023.
Kata Kunci: Keterbukaan Informasi Publik, Strategi dan Humas.