Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dengan jumlah populasi internet terbesar di dunia dengan jumlah 204,7 Juta. Hal ini berpengaruh terhadap kegiatan pemenuhan kebutuhan sehari-hari terutama pemesanan makanan secara online, pada proporsi pengguna platform digital ada sebanyak 74,4% pengguna melakukan pesan antar makanan secara online.Adapun frekuensi tertinggi pengguna pesan antar makanan yang dilakukan online berada pada kalangan mahasiswa sebesar 94,5%.ShopeeFood sebagai pendatang baru pesan makanan secara online di Indonesia menjadi layanan favorite anak muda dalam memesan makanan. Adapun Diskon dengan besaran yang beragam dan sistem rating pesanan yang dimiliki ShopeeFood apakah mampu menunjang proses pembelian oleh konsumen maka dari itu penelitian ini berfokus demi mengetahui bagaimana pengaruh diskon dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada layanan ShopeeFood.
Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampling yaitu nonprobability sampling dengan total jumlah responden 100 orang. Teknik menganalisis data pada penelitian ini yaitu analisis deksriptif serta analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan Software IBM 2 SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel yaitu diskon dan online customer rating terdapat pengaruh positive terhadap keputusan pembelian. Pengaruh secara simultan variabel diskon dan variabel online customer rating memberikan pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian pada layanan ShopeeFood di Kota Bandung. Penerapan diskon dan online customer rating mampu mendongkrak aktifitas pembelian bagi layanan Shopeefood, adanya pemberian diskon secara berkala mampu menarik untuk melakukan pembelian dan adanya rating mampu membuat platform ShopeeFood menjadi platform yang mempermudah konsumen dalam mempertimbangkan pembelian makanan/minuman pada layanan ShopeeFood.