Perkembangan teknologi, khususnya kehadiran e-commerce dan layanan fintech seperti paylater, telah mengubah lanskap konsumsi di kalagan mahasiswa. Kemudian akses dan fleksibilitas pembayaran yang ditawarkan oleh platform ini telah meningkatkan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna layanan paylater di platform e-commerce.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 100 mahasiswa Telkom University sebagai sampel.Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Namun, literasi keuangan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan, gaya hidup dan literasi keuangan secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Kata kunci: Gaya hidup, literasi keuangan, perilaku konsumtif, paylater.