PENGARUH PRESENTASI DIRI ONLINE TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL MELALUI SIKAP FANATISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA REMAJA PENGGEMAR BOYGROUP TREASURE - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FITRI NUR WAHYUNINGTYAS

Informasi Dasar

97 kali
24.04.3214
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Korean Pop atau K-Pop merupakan genre musik dari Korea Selatan yang saat ini berkembang pesat di berbagai negara termasuk di Indonesia. Di Indonesia, K-Pop banyak digemari oleh remaja. Adanya media sosial membuat para penggemar K-Pop dapat mempresentasikan dirinya sebagai seorang penggemar untuk mendapat atensi dari sesama penggemar dan wujud dari kecintaannya kepada idola. Hal tersebut jika dilakukan secara berlebihan diduga penggemar tersebut memiliki sifat fanatisme. Serta apabila presentasi diri di media sosial dilakuakaan oleh penggemar yang memiliki sikap fanatisme akan membuat intensitas penggunaan media sosialnya meningkat sehingga dapat menimbulkan adiksi media sosial. Pada penelitian ini akan membahas pengaruh presentasi diri online terhadap adiksi media sosial melalui sikap fanatisme pada penggemar boygroup Treasure. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan analisis jalur yang diukur menggunakan software JASP 0.18.3.0 . Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah remaja penggemar boygroup Treasure di Bandung. Hasil menunjukan bahwa presentasi diri online berpengaruh positif secara signifikan terhadap sikap fanatisme, sikap fanatisme berpengaruh positif secara signifikan terhadap adiksi media sosial, presentasi diri online berpengaruh positif secara signifikan terhadap adiksi media sosial, dan presentasi diri online berpengaruh positif secara signifikan terhadap adiksi media sosial melalui sikap fanatisme. Besar pengaruh presentasi diri online terhadap adiksi media sosial yaitu sebesar 25,2% dan ketika dimediasi oleh sikap fanatisme pengaruhnya sebesar 38,7%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini
Kata Kunci: presentasi diri online, adiksi media sosial, fanatisme

Subjek

COMMUNICATION SCIENCE
 

Katalog

PENGARUH PRESENTASI DIRI ONLINE TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL MELALUI SIKAP FANATISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA REMAJA PENGGEMAR BOYGROUP TREASURE - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI NUR WAHYUNINGTYAS
Perorangan
Maulana Rezi Ramadhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini