Penerapan corporate communication yang baik dalam groupthink di departemen berperan penting untuk mempertahankan dan meningkatkan citra perusahaan. Muncul adanya asumsi terkait perbedaan divisi yang dirasakan anggota departemen menunjukkan indikasi pembentukan groupthink. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan melalui groupthink yang dijalankan oleh Departemen Corporate Secretary & Hubungan Eksternal PT IPC Terminal Petikemas serta untuk mengetahui langkah manajemen dan pengelolaan corporate communication dalam mempertahankan citra positif perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretif. Informan penelitian berjumlah enam orang, pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara semi terstruktur dan penelitian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pembentuk groupthink yang terdapat di Departemen Corporate Secretary & Hubungan Eksternal PT IPC Terminal Petikemas adalah stress kelompok yang berasal dari faktor eksternal yang memicu meningkatnya internal pressure di dalam tim. Kohesivitas yang tinggi di dalam departemen mengarah pada nilai positif dimana kerjasama dan relasi yang intim menciptakan kolaborasi dan partisipasi aktif dari anggota departemen.
Kata Kunci: brand image, corporate communication, komunikasi kelompok, teori groupthink