Sampah di Indonesia merupakan masalah yang tidak kunjung terselesaikan. Sampah ini menjadi penyebab permasalahan yang menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, terutama di wilayah di Indonesia. Perlu adanya gerakan untuk upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu nya adalah Pandawara Group yang memanfaatkan sosial media TikTok untuk ajakan persuasif untuk menjaga kebersihan dan memuat isi kontennya dengan memberikan contoh secara nyata yaitu terjun langsung ke daerah yang bermasalah dengan sampah seperti di Bendungan Bugel Kabupaten Bandung, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, analisis dilakukan berdasarkan tahapan strategi komunikais lingkungan dari Richard R. Jurin, Donny Roush, dan Jeff Danter yang meliputi enam tahapan yaitu penetapan masalah, penetapan goals dan objective, implementasi strategi, evalusasi strategi komunikasi, dan anggaran biaya. Hasil penelitian menunjukan Pandawara Group menerapkan startegi komunikasi lingkungan yang tepat pada setiap tahapan sehingga mampu membangin kesadaran masyarakat sekitar dan menurunkan jumlah volume sampah di Bendungan Bugel. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis dan praktis bagi pengembangan strategi komunikasi lingkungan dalam membangun kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di Bendungan Bugel
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Lingkungan, Kesadaran Masyarakat, Menjaga Lingkungan, Pandawara Group, Clean Up