YouTube merupakan bagian dari sebuah media baru yang dapat diakses menggunakan internet dan merupakan sebuah platform untuk mempublikasikan video. Sampai saat ini media YouTube juga menjadi banyak digunakan oleh para atlet futsal untuk berlatih dengan melihat video tutorial ataupun analisis video pertandingan. Fenomena ini menunjukkan bahwa platform berbagi video online seperti YouTube telah menjadi mitra belajar yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi audiens terhadap konten edukasi tutorial futsal yang disajikan di kanal YouTube Sukma Nagara TV dengan menggunakan metode kualitatif dan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan menguji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi penerimaan audiens kanal YouTube Sukma Nagara TV di dominasi oleh DominantHegemonic Position. Hal ini terjadi karena Sukma Nagara TV dalam berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada penontonnya disebabkan oleh penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang dalam kontenkontennya. Sukma Nagara TV menghindari penggunaan istilah atau bahasa yang terlalu teknis atau rumit, sehingga memungkinkan audiens dari berbagai latar belakang dapat dengan mudah memahami informasi yang disampaikan. Dengan demikian, kombinasi antara penggunaan bahasa yang sederhana dan demonstrasi praktis menjadi kunci utama dalam membangun hubungan yang baik antara Sukma Nagara TV dengan audiens mereka, serta meningkatkan efektivitas komunikasi dalam menyampaikan pesan-pesan yang mereka ingin sampaikan.
Kata Kunci: Konten Edukasi, Resepsi Audiens, Sukma Nagara TV