Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana media cetak Pikiran Rakyat, beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital melalui strategi komunikasi digital mereka di platform Instagram. Di era digital ini, media cetak menghadapi tantangan signifikan dan peluang baru akibat pergeseran perilaku konsumen yang lebih mengandalkan platform digital untuk mengakses berita. Penelitian ini menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi komunikasi digital Pikiran Rakyat dengan fokus pada konten Instagram mereka, menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Rulli Nasrullah (2021). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pikiran Rakyat telah berhasil menerapkan strategi komunikasi digital yang efektif dengan cara mengembangkan konten yang relevan, mengelola interaksi dengan audiens, dan melakukan evaluasi berkala. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang adaptasi media mainstream terhadap perubahan teknologi dan menawarkan referensi bagi penelitian mendatang dalam bidang komunikasi digital.