Meningkatnya trend berolahraga angkat beban atau fitnes dan meningkatnya penggunaan sosial media merupakan kesempatan yang tepat untuk sebuah brand membuka bisnis secara daring di tengah perkembangan internet di masyarakat. Memanfaatkan strategi pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial merupakan salah satu pemanfaatan kesempatan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Sosial Media Marketing Activity (SMMA) yang dilakukan oleh brand Evolene berdampak positif terhadap brand equity, distribusi e-WOM di media sosial, dan minat beli pelanggan.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan model pengukuran menggunakan SEM-PLS. Pengambilan data responden dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui Google form kepada sejumlah responden yang menjadi sampel dari penelitian ini. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial Instagram yang aktif mengakses akun media sosial Instagram Evolene. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS dan SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial (SMMA) memiliki pengaruh positif terhadap minat beli, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel intervening e-WOM dan ekuitas merek. Selain itu, ekuitas merek juga dianggap memiliki dampak positif terhadap e-WOM, dan e-WOM tetap memiliki pengaruh positif terhadap minat beli.
Hasil penelitian ini dimaksudkan sebagai evaluasi terhadap merek Evolene, memberikan wawasan tentang cara meningkatkan dan menerapkan aktivitas pemasaran media sosial di Instagram secara efektif. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat beli terhadap merek Evolene.