Analisis Resepsi Generasi Y Terhadap Penerapan Gentle Parenting Pada Akun TikTok @dhannicha - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YASMIN NEZA RAIHANAH

Informasi Dasar

385 kali
24.04.3464
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 
Perselisihan ataupun konflik yang terjadi antara orang tua dan anak dapat berkaitan dengan penerapan pola asuh yang diterima anak. Pola asuh orang tua yang berdampak negatif ke anak biasa disebut dengan toxic parenting. Fenomena toxic parenting ini banyak terjadi dalam kehidupan nyata dan realitas dari dampak yang mungkin terjadi pada anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang tidak sehat (toxic). Adanya bentuk pola asuh toxic maka ada pula parenting yang berdampak baik dan positif ke anak, yang disebut gentle parenting. Pada akun TikTok @dhannicha menampilkan contoh penerapan langsung gentle parenting itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teori resepsi Stuart Hall dalam menganalisis proses penerimaan pesan. Bedasarkan hasil penelitian kepada lima informan kunci dari generasi Y dengan menggunakan analisis resepsi, terdapat perbebedaan dalam menerima dan memaknai pesan dalam penerapan gentle parenting yang disajikan dalam akun tiktok @dhannicha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas informan generasi Y cenderung berada di posisi dominan hegemoni, namun dalam beberapa pertanyaan dan situasi informan juga dapat  tergolong dalam posisi negosiasi dan oposisi. Pandangan yang sejalan dengan komunikator akan membuat audiens dapat lebih menerima, memahami, serta memaknai pesan pada pola asuh gentle parenting pada akun TikTok @dhannicha.
Kata Kunci: Analisis Resepsi, Gentle Parenting, TikTok
 

Subjek

NEW MEDIA
 

Katalog

Analisis Resepsi Generasi Y Terhadap Penerapan Gentle Parenting Pada Akun TikTok @dhannicha - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YASMIN NEZA RAIHANAH
Perorangan
Reni Nuraeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KII4E4 - KOMUNIKASI KELUARGA
  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini