Pada pemberitaan yang diterbitkan oleh Republika.co.id, Kompas.com, dan Kumparan.com diberitakan mengenai pengungsi Rohingya yang datang ke Aceh untuk mendapatkan pertolongan dan perlindungan membuat masyarakat Aceh terkejut. Tentu, dengan kedatangan pengungsi Rohingya di Aceh menimbulkan berbagai pendapat dari masyarakat Aceh itu sendiri. Penelitian ini berfokus kepada analisis konstruksi atas realitas dari media pemberitaan dengan menggunakan analisis framing Robert N. Entman. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana media Republika.co,id, Kompas.com, Kumparan.com dalam membingkai realitas terkait pemberitaan pengungsi Rohingya di Aceh. Metodologi yang digunakan untuk penelitian ini dengan melakukan pendekatan kualitatif dengan model analisis framing Robert N. Entman, dengan melihat berdasarkan seleksi isu dan penekanan aspek dengan empat model Entman, yaitu identifikasi masalah, diagnosa penyebab masalah, penilaian moral, dan rekomendasi penyelesaian masalah. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Republika.co.id lebih melihat melalui pandangan Islam terhadap kehadiran pengungsi Rohingya berdasarkan asas keagamaan. Kompas.com melihat berdasarkan pandangan Nasionalisme terhadap keadaan masyarakat Aceh dari kedatangan pengungsi Rohingya di Aceh. Kumparan.com melihat isu tersebut sebagai pemberitaan yang dapat menaikkan jumlah pemasukan dan pembacanya, sehingga setiap media memiliki pandangannya masing-masing terhadap isu tersebut. Peneliti juga menghadirkan ideologi masing-masing media sehingga dapat mempengaruhi terhadap teks pemberitaan yang diproduksi. Analisis ini berfokus kepada peran media dalam menyajikan pemberitaan dalam isu yang kontroversial sehingga dapat mempengaruhi suatu nilai berita.
Kata kunci : Analisis framing, Konstruksi realitas media, Pengungsi Rohingya, Media pemberitaan, Ideologi