Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi, berbagai aspek kehidupan seperti cara bertransaksi, gaya hidup, hingga perilaku turut mengalami dampaknya. Dengan populasi sekitar sepertiga dari total penduduk DKI Jakarta, membuat Generasi Z sebagai populasi mayoritas di DKI Jakarta. Generasi Z memiliki keterikatan yang unik dengan teknologi. Mereka kerap dikenal sebagai Generasi Internet atau Generasi Digital karena kemampuan mereka dalam menguasai teknologi yang kompleks dan sikap inklusif terhadap norma-norma sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak penggunaan Electronic Wallet, lifestyle, dan financial literacy terhadap consumptove behavior pada pekerja Generasi Z di DKI Jakarta.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini mengadopsi analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online dengan 407 responden untuk dapat mewakili populasi objek penelitian yakni pekerja Generasi Z di DKI Jakarta berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji discriminant validity, uji convergent validity, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji q square, dan uji T.
Data yang didapat diolah menggunakan software SmartPLS. Pada hasil penelitian ini ditemukan bahwa Electronic Wallet berpengaruh signifikan dan positif terhadap consumptive behavior. Lifestyle atau gaya hidup memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap consumptive behavior. Sedangkan untuk financial literacy memiliki pengaruh yang tidak signifikan dan negatif terhadap consumptive behavior.
Penelitian ini berkontribusi untuk mengetahui hubungan antara Variabel Penggunaan Electronic Wallet, lifestyle, dan financial literacy terhadap consumptive behavior pekerja Generasi Z di DKI Jakarta. Diharapkan dengan hasil penelitian ini, pekerja Generasi Z di DKI Jakarta dapat lebih bijak dalam mengelola finansial mereka sehingga dapat mengurangi risiko akibat perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Generasi Z, Electronic Wallet, Lifestyle, Financial Literacy, Consumptive Behavior