PERANCANGAN SOP PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERDASARKAN ISO 21001:2018 KLAUSUL 8.1 DAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT DI SMA NEGERI 7 DEPOK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NURUL FITRIA ULFAH

Informasi Dasar

171 kali
24.04.3543
378.101
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SMA Negeri 7 Depok merupakan salah satu satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan menengah negeri yang terletak di Kecamatan Tapos, Depok berdiri pada tahun 2010. Hasil rapot evaluasi tahun 2023 mengenai kualitas pembelajaran SMA Negeri 7 Depok menunjukkan capaian nilai yang rendah dengan skor 63,75 dari skor maksimal 100. Skor kualitas pembelajaran didapatkan dari tiga parameter penilaian yaitu manajemen kelas, dukungan psikologis, dan metode pembelajaran. Dari ketiga hal parameter yang ada, metode pembelajaran memiliki skor terendah  yang disebabkan karena kurangnya pemahaman guru dalam menghadapi perubahan metode pembelajaran menjadi pembelajaran diferensiasi dari hasil penetapan Kurikulum Merdeka dan tidak terdapatnya prosedur perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang SOP Pembelajaran Diferensiasi yang telah disesuaikan dengan standar ISO 21001:2018 Klausul 8.1 tentang perencanaan dan pengendalian operasi serta Persyaratan Kurikulum Merdeka.
Perancangan SOP pembelajaran diferensiasi dilakukan dengan metode Business Process Management (BPM). Perancangan SOP akan melewati 4 tahap sesuai dengan prinsip BPM yang mencakup process identification, process discovery, process analysis, dan process re-design.
Penelitian ini menghasilkan SOP Pembelajaran Diferensiasi yang mencakup prosedur perencanaan  dan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi, instruksi kerja perencanaan asesmen formatif dan asesmen sumatif, instruksi kerja pelaksanaan kegiatan inti pembelajaran, dokumen perencanaan asesmen formatif dan sumatif, lembar refleksi siswa dan guru, formulir hasil evaluasi, dan formulir rencana perbaikan untuk proses perencanaan dan pembelajaran selanjutnya.
Hasil rancangan SOP pada penelitian ini diharapkan dapat memudahkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian proses pembelajaran diferensiasi, serta membantu stakeholder dan guru mata pelajaran dalam mengambil langkah pada proses pembelajaran diferensiasi yang telah disesuaikan dengan persyaratan Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: ISO 21001:2018, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Diferensiasi, Business Process Management
 

Subjek

Quality engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SOP PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERDASARKAN ISO 21001:2018 KLAUSUL 8.1 DAN KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT DI SMA NEGERI 7 DEPOK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiv, 167p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL FITRIA ULFAH
Perorangan
Sri Widaningrum, Yunita Nugrahaini Safrudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI493 - PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN MUTU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini