Dunia fashion berkembang pesat, mengubahnya dari penanda status sosial menjadi alat ekspresi diri. Inovasi desain, material, dan produksi memungkinkan konsumen memilih gaya sesuai preferensi pribadi, termasuk pakaian, sepatu, dan aksesori. Sepatu sebagai elemen penting hadir dalam berbagai jenis dengan material nyaman dan estetis. Industri alas kaki Indonesia berkembang pesat, menciptakan peluang bisnis dengan brand lokal yang semakin dihargai. Contohnya, Sepatu Ventela dari Bandung dikenal dengan desain stylish dan kualitas tinggi, menjadi favorit generasi milenial. Ventela menawarkan berbagai sepatu dari sneakers hingga casual shoes, menggabungkan kenyamanan dan estetika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk sepatu ventela melalui variabel kepuasan konsumen. Metode yang diterapkan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 96 sampel dengan kriteria responden yaitu pengguna produk sepatu Ventela yang berdomisili di kota Bandung dan berusia 17-50 tahun yang dipilih menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner menggunakan platform Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) - Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.2.9
Berdasarkan hasil penelitian, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, dan kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Saran yang dapat diberikan kepada produk sepatu Ventela adalah untuk meningkatkan citra merek melalui strategi pemasaran kreatif, endorsement public figure, dan kegiatan sosial. Kualitas produk harus dijaga dan ditingkatkan dengan pengawasan ketat dan Ventela harus memastikan kepuasan konsumen yang tinggi dan membangun loyalitas konsumen yang kuat terhadap merek mereka.