Buku Ilustrasi “Petualangan Di Teluk Kiluan” Media Edukasi Interaktif Mengenai Pengenalan Wisata Teluk Kiluan Lampung Untuk Anak Sekolah Dasar
Oleh: Maisie Heroza
1601204297
Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas seperti salah satu nya pulau Sumatra, dari provinsi aceh hingga lampung dikelilingi oleh perairan, terutama kepulauan atau laut lepas. dari wilayah perairan ini lah timbul nya keragaman wisata alam yang beragam. terekspos nya pariwisata perairan di sumatra menjadi potensi besar bagi pariwisata daerah Sumatra. salah satu wilayah sumatra yang menjadi daerah konservasi yaitu Teluk Kiluan, pentingnya pengenalan daerah konservasi Teluk Kiluan, Lampung pada masyarakat lampung, khusus nya pada generasi muda. anak-anak usia pelajar dasar supaya mereka lebih mengenali, menjaga, serta mencintai daerah perairan mereka sendiri. Mengenai pengetahuan umum media literasi berperan penting dalam pembelajaran pokok dan umum anak-anak. Media literasi berupa buku dapat membantu perkembangan kognitif dan motorik. Banyak dari anak-anak sekolah dasar khusus nya umur 10-12 tahun sudah mengerti yang mereka inginkan seperti kegemaran dan genre dari suatu buku. Anak - anak juga menyukai sesuatu yang bergambar dan bisa di sentuh pada anak sehingga buku ilustrasi interaktif menjadi media yang menarik untuk membahas topik daerah konservasi Teluk Kiluan untuk anak.
Kata Kunci: Daerah Konservasi, Media Literasi, Anak-Anak
Illustrated book "Adventures in Kiluan Bay" Interactive educational media regarding the introduction of Kiluan Bay tourism, Lampung for elementary school children
Compiled By: Maisie Heroza
1601204297
Indonesia has a vast marine area, including the island of Sumatra, which is surrounded by the sea, particularly the archipelago or open sea. From this marine area, a diverse range of natural tourism attractions emerge. The exposure of marine tourism in Sumatra becomes a significant potential for the region's tourism. One of the areas in Sumatra that is a conservation zone is Teluk Kiluan, which is crucial to introduce this conservation area to the Lampung community, particularly to the younger generation. Elementary school children should be more aware of, protect, and love their own marine area. Regarding general knowledge, media literacy plays a significant role in children's learning. Media literacy in the form of books can facilitate cognitive and motor development. Many elementary school children, especially those aged 10-12, already understand what they want, such as preferences and genres of a book. Children also enjoy something with pictures and can be touched, so interactive illustrated books become an attractive medium to discuss the topic of Teluk Kiluan conservation area for children.
Keywords: Conservation Area, Media Literacy, Children