Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian hingga memengaruhi prestasi seorang anak, di mana hal ini dapat di mulai dari adanya komunikasi antar orang tua dan anak. Komunikasi yang baik mendukung peningkatan prestasi anak, yang mana hal ini secara otomatis memengaruhi dari segi kebutuhan dan motivasi anak. Sehingga, akan sangat dibutuhkan kedekatan dan kemampuan komunikasi yang baik secara interpersonal anak dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran komunikasi orang tua dalam mendukung kebutuhan prestasi anak khususnya di SMA Pribadi Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami pengalaman dan pandangan subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan sejumlah siswa dan orang tua di SMA Pribadi Bandung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak pada aspek keterbukaan, dukungan dan sikap positif berperan penting dalam mendukung prestasi akademik anak, meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak dalam mencapai prestasi akademik. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa orang tua yang terlibat secara aktif dalam pendidikan anak mereka dapat memberikan dukungan emosional dan moral yang signifikan. Berdasarkan temuan ini, peneliti merekomendasikan agar orang tua memperhatikan kualitas komunikasi mereka dengan anak dan menciptakan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan akademik anak.