Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi khalayak dalam memaknai endorsement produk Samsung oleh Ikhsan Lemon. Penelitian ini berfokus pada bagaimana khalayak yang memiliki latar belakang berbeda-beda tetapi minat yang sama. Pada riset berikut penulis memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan riset memakai studi kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan pikiran, tindakan, serta perasaan individu atau kelompok. Berdasarkan Sugiyono (2019) metode penelitian deskriptif kualitatif ini ialah metode penelitiannya dengan tujuan meneliti syarat obyek yang alamiah Dimana penulis bertindak menjadi instrumen kunci. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kredibilitas influencer, kualitas konten endorsement, dan relevansi produk dengan kebutuhan khalayak sangat mempengaruhi resepsi terhadap endorsement di media sosial. Ikhsan "Lemon," sebagai influencer yang kredibel dan memiliki hubungan kuat dengan pengikutnya, mampu mempengaruhi persepsi dan niat membeli produk Samsung. Temuan ini sejalan dengan teori resepsi yang menekankan peran aktif khalayak dalam menginterpretasikan pesan berdasarkan latar belakang dan pengalaman mereka. Persepsi Terhadap Ikhsan "Lemon" sebagai Influencer: Ikhsan "Lemon" dianggap sebagai influencer yang sangat berpengaruh dan menginspirasi, terutama di kalangan penggemar eSports dan Mobile Legends. Kredibilitas dan reputasinya sebagai seorang gamer profesional membuat rekomendasinya terhadap produk Samsung sangat dipercaya oleh khalayak.
Kata Kunci : Samsung; Endorsement; Resepsi Khalayak; Ikhsan Lemon