ABSTRAK
Belakangan ini paham
childfree sedang ramai diperbincangkan di TikTok. Paham ini dianggap sebagai suatu tindakan yang tidak umum dan melanggar norma. Meski begitu,
content creator bernama @SelphieBong beberapa kali membagikan pandangannya tentang
childfree. Dengan pengikutnya yang didominasi oleh gen z dan perempuan, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan resepsi gen z terkait penerimaan pesan
childfree di tiktok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan generasi z sebagai subjek penelitian dan video tentang
childfree yang diunggah oleh @SelphieBong sebagai objeknya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, elisitasi dokumen dan teknik obeservasi. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa sebagian besar informan menerima pesan
childfree yang dibagikan oleh @SelphieBong secara keseluruhan, Informan berakhir dengan keputusan untuk tidak memiliki anak kedepannya. Tidak ditemukan adanya informan yang menolak pesan
childfree yang dibagikan oleh @SelphieBong. Tetapi, ada beberapa argumen tentang
childfree yang diunggah di TikTok secara
general yang tidak disetujui oleh para informan.
Kata Kunci: Analisis Resepsi,
Childfree, Generasi Z, TikTok.