Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi bisnis organisasi pengelola produk Finpay Money, dengan menggunakan tiga metode analisis yang berbeda: Competitive Profile Matrix (CPM), SWOT Analysis, dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode CPM digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dibandingkan dengan pesaing utama di industri sejenis. SWOT Analysis dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Selanjutnya, AHP digunakan untuk menentukan prioritas yang akan menghasilkan usulan strategi utama untuk digunakan oleh pengelola produk Finpay Money.
Studi ini dilakukan di PT. Finnet Indonesia yang bergerak dalam industri financial technology (fintech). Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan studi dokumentasi yang melibatkan manajemen perusahaan pengelola produk Finpay Money dan ahli yang bergerak di industri sejenis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk menentukan penyesuaian strategi bisnis yang tepat bagi PT. Finnet Indonesia dalam mengelola Finpay Money.
Pada penelitian ini digunakan proses operasionalisasi variable yang diharapkan akan dapat menggali lebih dalam variabel-variabel yang membentuk industri uang elektronik di Indonesia, sehingga akan memberikan kontribusi dalam konteks akademis/ilmiah. Kebaruan ini diharapkan tidak hanya akan memperkaya literatur akademis dengan menyediakan perspektif yang relevan dan bersifat baru, tetapi juga memberikan wawasan berharga yang dapat memajukan industri uang elektronik.