ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI MOBILE COMMERCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN INTENSI LOYALITAS KONSUMEN DI E-COMMERCE BUKALAPAK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANITA RISMAHARNI SYAPUTRI

Informasi Dasar

139 kali
24.04.4171
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan e-commerce di Indonesia mencerminkan tren yang sangat mengesankan. Jumlah pengguna e-commerce telah meningkat dari 87,5 juta pada tahun 2018 menjadi sekitar 196,47 juta pada tahun 2023. E-commerce berkontribusi besar terhadap ekonomi digital Indonesia. Bukalapak mencatat peningkatan pendapatan yang mencolok. Perubahan dalam kebiasaan dan preferensi konsumen, seperti tren digitalisasi dan strategi Bukalapak yang fokus pada produk virtual dan gaming, menyoroti peran penting e-commerce dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Studi sebelumnya menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara kualitas layanan dan kepuasan konsumen, yang memperkuat pentingnya pemahaman terhadap aspek-aspek ini dalam konteks e-commerce di Indonesia, khususnya Bukalapak.
Penelitian ini bertujuan  untuk mengkaji pengaruh berbagai dimensi layanan aplikasi mobile commerce Bukalapak terhadap kepuasan dan intensi loyalitas pelanggan. Dimensi yang diteliti meliputi assurance, information quality, personalization. reliability, responsiveness, security, dan usability.
Metode penelitian yang digunakan  merupakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal. Pengumpulan sampel dilakukan dengan mengandalkan teknik non-probability sampling secara purposive. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Form dan mrnggunakan teknik Partial Least Square (PLS). SmartPLS 4 merupakan software yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini. Software G-Power digunakan untuk membantu dalam mementukan jumlah sampel yang harus diperoleh yaitu, 153 responden.
Hasil penelitian menunjukkan information quality, reliability, security, dan usability memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan ini kemudian berpengaruh pada niat loyalitas pelanggan, yang penting untuk keberlanjutan bisnis e-commerce. Sedangkan dimensi assurance, personalization, dan responsiveness tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan maupun niat loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Bukalapak, Customer Loyalty Intention, Customer Satisfaction, M-commerce, Service Qualit

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI MOBILE COMMERCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN INTENSI LOYALITAS KONSUMEN DI E-COMMERCE BUKALAPAK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii,138p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANITA RISMAHARNI SYAPUTRI
Perorangan
Khairani Ratnasari Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini