Di era modern ini kebutuhan perusahaan semakin meningkat. Perusahaan diwajibkan tidak hanya focus dalam mengejar keuntungan semata, namun juga harus memastikan kesejahteraan masyarakat serta menjaga keberlanjutan lingkungan. Oleh karena itu, pengungkapan CSR dimasukkan ke dalam strategi lingkungan perusahaan. Semakin efektif perusahaan melakukan pengawasan terhadap dampak lingkungan dalam pelaksanaan aktivitasnya, tingkat CSR perusahaan tersebut akan semakin meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh eco-control (pengukuran kinerja, insentif dan anggaran), environmental performance dan media exposure terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022.
Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh 10 data perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022, sehingga total observasi pada penelitian ini berjumlah 50 data panel.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengukuran kinerja, anggaran dan media exposure berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, sementara insentif dan environmental performance tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menggunakan variabel independen lain yang dapat mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility dan memilih objek dan tahun penelitian selain perusahaan sektor consumer non-cyclical tahun 2018-2022. Bagi perusahaan disarankan dapat meningkatkan perhatiannya dalam melakukan tanggung jawab sosial perusahaan terutama sekitar wilayah operasional perusahaan. Bagi pemerintah disarankan dapat membantu pemerintah dalam menjalankan peraturan dan pengawasan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Bagi investor disarankan untuk mempertimbangkan pengungkapan CSR sebagai salah satu acuan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan perusahaan sebelum berinvestasi di perusahaan tersebut.
Kata Kunci : Eco-Control, Pengukuran Kinerja, Anggaran, Insentif, Environmental Performance, Media Exposure, Pengungkapan Corporate Social Responsibility